Telusuri Keindahan Pantai Mawun Lombok

mawun beach lombok

Pulau Lombok memang tersohor dengan panorama pantainya yang memukau. Beberapa pantai di Lombok dan Gili (Pulau kecil) yang sudah terkenal seperti Pantai Kuta, Tanjung AanGili Trawangan dan masih banyak lagi yang lainnya sudah menjadi ikon Lombok secara umum. Namun bagi anda para travellers, perlu diketahui bahwa masih banyak tempat yang tidak kalah indah salah satunya adalah Pantai Mawun.

Lokasi Pantai Mawun

Pantai Mawun terletak di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Dari kota Mataram, jaraknya sekitar 60 km dan bisa ditempuh sejauh 1,5 jam. Rute yang bisa anda pilih adalah : Mataram – Cakranegara – Kediri – Praya – Penujak – Selong Belanak – Pantai Mawun.

Jika Anda mengambil rute yang melewati Pantai Selong Belanak, Anda akan menempuh jalan yang tidak terlalu baik di 9 Kilometer terakhir. Namun Anda akan menemui ladang tembakau di sisi jalan. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan petani tembakau yang sedang memanen tembakaunya. Tiket masuk ke Pantai Mawun adalah Rp5.000* bila naik motor dan Rp10.000* bila naik mobil.

Informasi Peta Pantai Mawun :

Baca Juga : Jeeva Beloam, Surga Tersembunyi di Pulau Lombok

Apa Yang Bisa Dilakukan di Pantai Mawun?

Sebenarnya, Pantai Mawun adalah bagian dari sebuah teluk yang lokasinya ada di Lombok bagian selatan. Yang unik adalah bahwa kalau di lihat dari atas, garis pantainya punya bentuk yang mirip dengan tapal kuda. Pemandangan makin terlihat eksotis dengan kehadiran 2 bukit bernama Bukit Pengolo dan Bukit Nettem yang letaknya ada pada bagian timur dan barat Pantai Mawun. Posisi kedua bukit yang begitu kentara ini terlihat seperti pintu gerbang yang akan menyambut wisatawan yang datang.

Pasir putih selembut sutera juga bisa anda temukan di sini. Berjalan-jalan sambil bertelanjang kaki pun tidak masalah karena anda bisa merasakan langsung suasana pantai yang sebenarnya sambil mengitari kawasan Pantai Mawun. Oh ya, pasir putih yang lembut ini lebih banyak terlihat pada sisi pantai bagian tengah. Sedangkan kalau anda melangkahkan kaki ke bagian barat, tekstur pasirnya agak kasar karena sudah ada campuran pecahan karang.

Buat anda yang hobi banget dengan fotografi, di sini anda bisa menuntaskan dahaga untuk memotret berbagai macam objek bertemakan pantai yang cukup menawan. Air pantai yang berwarna biru kehijauan ini nampak sangat sempurna bila dipadukan dengan bukit hijau yang mengapit pantai. Warna yang begitu kontras membuat suasana di pantai ini sanggup memanjakan travelers yang datang. Foto-foto landscape menawan dari Pantai Mawun memang layak untuk dipamerkan pada dunia.

Selain mengincar pemandangan spektakuler di Pantai Mawun, lalu apalagi yang bisa dilakukan? Macem-macem, travelers. Kalau hobi renang, anda bisa melakukannya dengan bebas. Tapi harus tetap hati-hati ya karena ombak yang datang pada sisi pantai bagian tengah relatif lebih besar dibandingkan pada sisi sebelah timur dan barat karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Jadi kalau mau aman, mendingan anda memilih lokasi pantai yang ada pada bagian timur dan barat karena ombaknya cukup tenang dan terlindung oleh bukit.

Beda lagi kalau anda lagi kepengin nyantai saat liburan. Anda bisa rileksasi dengan berjemur atau membaca dan menamatkan buku favorit. Biarpun lokasi Pantai Mawun Lombok ini terkesan terisolasi, namun anda tidak akan pernah menyesal mengunjunginya karena panorama sempurna sebuah pantai bisa anda temukan di sini. Waktu paling pas buat mengunjungi Pantai Mawun Lombok tentu di pagi dan sore hari karena atmosfirnya masih sejuk dan jauh lebih tenang.

Biarpun tempat ini begitu asri dan masih alami, namun pelayanan dan fasilitasnya tentu masih harus ditingkatkan agar lebih dikenal luas oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Sayang ‘kan kalau potensi daerah seperti ini tidak dipoles lebih cantik lagi.

Baca Juga : 5 Tips Saat Berwisata Ke Lombok

Tips Berwisata ke Pantai Mawun :

  • Karena jalan yang kurang bagus, kami sarankan untuk mengecek kendaraan dalam kondisi prima
  • Jangan lupa membawa sunblock dan pelindung kepala, karena panas lumayan terik
  • Jangan mencoba menawar kain tenun yang dijual, bila Anda tidak benar-benar ingin membeli. Karena penjual akan berlaku buruk jika Anda sudah menawar tetapi batal untuk membelinya
  • Pastikan anda memiliki stamina yang terjaga agar liburan anda lebih maksimal

Pulau Lombok akan terus berbenah di infrastruktur pariwisata. Semoga kedepannya pemerataan di seluruh daerah segera terealisasi demi kemajuan Industri Pariwisata Lombok.

WhatsApp Hubungi Kami via Whatsapp